• Cakupan: Kota
  • Kelurahan
  • Gedung
  • Homepass
logo-biznet
5 Cara Merawat Laptop agar Awet dan Berumur Panjang

5 Cara Merawat Laptop agar Awet dan Berumur Panjang

POSTED ON August 28, 2020
0 people find this helpful

Laptop yang awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama adalah hal yang diinginkan oleh semua pengguna laptop di seluruh dunia. Hanya saja, keinginan ini biasanya tidak dibarengi dengan aksi yang dapat mendukungnya. Sebelum bisa mencapai kondisi ini, kamu harus paham benar bagaimana cara memperlakukan dan cara merawat laptop agar bisa berusia panjang.

 

Sebenarnya mungkin hal ini tidak terlalu penting untuk orang yang memiliki pendapatan tinggi. Tapi secara umum, ketika kamu memiliki barang dan barang tersebut berusia panjang, dapat menjadi tanda bahwa kamu adalah pribadi yang teliti dan pandai merawat barang. Ini akan berdampak langsung pada citra diri yang kamu miliki.

 

Nah, untuk dapat mewujudkan laptop berumur panjang dan tetap bekerja optimal, kamu bisa melihat cara merawat laptop berikut ini. Sederhana, tapi dijamin bisa memperpanjang usia laptop yang kamu gunakan saat ini.

Jauhkan Makanan dan Minuman

 

Mungkin salah satu cara merawat laptop paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah selalu menjaganya tetap jauh dari makanan atau minuman. Bukan berarti makanan dan minuman berdampak buruk, namun resiko makanan atau minuman tersebut tumpah ke perangkat laptop yang kamu miliki lah yang wajib dihindari. 

 

Kerusakan akibat kelalaian pengguna jadi salah satu faktor terbesar dari kerusakan yang dialami oleh laptop. Menonton film sambil memakan makanan ringan dan minuman bersoda memang seru. Tapi sebisa mungkin jauhkan kedua hal tersebut dari laptop yang kamu gunakan. Terlebih untuk minuman berkarbonasi, efeknya benar-benar buruk jika sampai tumpah ke laptop. 

Jaga Suhu pada Laptop


Menjaga suhu yang dimaksud adalah suhu udara ketika kamu menggunakan laptop. Perubahan suhu ekstrim bisa berakibat buruk pada perangkat keras yang ada di dalam laptop. Ini mengapa, biasanya laptop disarankan untuk disimpan di dalam tas tersendiri agar suhunya cenderung stabil. Ketika kamu akan menggunakan laptop di dua tempat dengan perbedaan suhu yang cukup besar, ada baiknya diamkan laptop kamu selama beberapa saat sebelum dinyalakan.

Suhu paling ideal sebenarnya berada pada suhu ruangan, dan bila memungkinkan dilengkapi dengan perangkat air conditioner sehingga tetap terjaga di titik stabil. Satu hal yang juga perlu menjadi catatan adalah bahwa ruangan atau tempat kamu menggunakan laptop sebaiknya memiliki kadar debu yang minim, atau justru benar-benar terbebas dari debu yang mungkin bisa masuk ke bagian ‘dapur pacu’ laptop.

Hindarkan dari Perangkat yang Menghasilkan Daya Magnet

 

Karena perangkat laptop disusun dari perangkat-perangkat kecil yang sensitif terhadap medan magnet, maka salah satu cara merawat laptop agar awet adalah menghindarkannya dari perangkat lain yang memiliki medan magnet cukup besar. Medan magnet yang terpapar pada laptop dapat merusak sistem perangkat keras yang ada pada laptop.

 

Beberapa perangkat yang menghasilkan medan magnet cukup besar adalah televisi, speaker dengan ukuran besar, dan lemari pendingin berteknologi tinggi. Sebisa mungkin, jauhkan laptop dari perangkat tersebut untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan hardware yang akan berdampak fatal pada laptop kamu.I

Instal Antivirus Berbayar


Mengapa harus antivirus berbayar? Sebab perangkat berbayar cenderung memiliki perlindungan ekstra dan lebih baik daripada perangkat yang disediakan secara gratis. Dengan menginstal aplikasi dan program antivirus berbayar, laptop yang kamu miliki akan terhindar dari serangan virus dan malware yang mengancam data.

 

Biasanya, layanan antivirus berbayar juga akan terus memberikan pembaruan pada sistem dan kemampuannya menangkal virus. Ini menjadi salah satu kelebihan dari layanan berbayar. Meski mungkin sedikit mahal tapi demi keamanan data, sepertinya tidak masalah bukan?

Lakukan Instal Ulang Berkala

 

Tidakkah hal ini akan menghapus seluruh data yang sudah tersimpan? Ya, memang benar. Maka dari itu, kamu bisa melakukan backup data penting yang ada sebelum melakukan instal ulang pada laptop kamu.

 

Proses ini ditujukan untuk ‘menyegarkan’ laptop secara berkala. Jangka waktunya cukup lama, sekitar 2 sampai 3 tahun sekali. Dengan begini, selain laptop akan berusia lebih panjang, kamu juga akan menikmati performa yang stabil dan optimal pada perangkat yang kamu gunakan.

 

Berbagai cara merawat laptop di atas bisa kamu coba dan aplikasikan untuk memperpanjang usia laptop kamu. Tentu saja, hal-hal seperti menjauhkan laptop dari benturan keras, perlindungan pada debu, dan screen guard pada layar juga harus diaplikasikan sebagai langkah dasar.


Cara merawat laptop di atas diharapkan bisa memberikan pengetahuan baru yang berguna untuk kamu gunakan. Dalam penggunaan laptop, kamu juga perlu layanan Internet berkualitas yang dapat menjamin kenyamanan kamu bukan? Biznet Home, hadir sebagai layanan dengan paket Internet terjangkau dan kualitas premium yang menjamin kecepatan dan stabilitas jaringan. Kamu bisa melihat setiap detail paketnya di situs resmi, dan mendapatkan banyak promo instalasi untuk pelanggan baru!