• Cakupan: 185 Kota
  • 3,603 Kelurahan
  • 8,817 Gedung
  • 2,447,416 Homepass
logo-biznet
Apa itu FTP Server? Inilah Pengertian dan Cara kerja FTP Server

Apa itu FTP Server? Inilah Pengertian dan Cara kerja FTP Server

POSTED ON December 23, 2021
0 people find this helpful

 

Keamanan data menjadi hal yang penting baik bagi individu maupun perusahaan besar. Salah satu hal yang diperhatikan oleh perusahaan besar adalah keamanan ketika ingin mentransfer atau memindahkan data. Untuk keamanan data ini sendiri, salah satu bentuk solusi yang ditawarkan adalah FTP server.

 

Apakah kamu sudah tau mengenai hal yang satu ini? Jika belum, mari kita mengenal pengertian dan juga cara kerja FTP server yang bisa menjaga data ketika dipindahkan.

 

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP digunakan untuk mentransfer file antar komputer di jaringan. Kamu bisa menggunakan FTP untuk bertukar file antar akun komputer, mentransfer file antara akun dan komputer desktop, atau mengakses arsip perangkat lunak secara online. Menggunakan server FTP adalah solusi umum untuk bisnis yang ingin menjaga keamanan data mereka. Server FTP yang dihosting bisa menjadi jawaban untuk bisa mendapatkan keamanan data yang lebih baik.

 

Pada intinya, FTP adalah cara untuk menghubungkan dua komputer dengan cara yang paling aman, membantu mentransfer file antara dua atau lebih titik. Sehingga file akan bisa dibagikan dengan aman.

 

Seperti yang sudah disampaikan di atas, server FTP adalah solusi yang digunakan untuk memfasilitasi transfer file di Internet. Cara kerjanya adalah seperti ini:

 

Jika kamu mengirim file menggunakan FTP, file diunggah atau diunduh ke server FTP. Saat mengunggah file, maka file tersebut ditransfer dari komputer pribadi ke server. Saat ingin mengunduh file, maka file tersebut akan ditransfer dari server ke komputer pribadi.

 

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), atau bahasa yang digunakan Internet untuk menjalankan perintah, digunakan untuk mentransfer file melalui FTP. Server FTP dapat dianggap sebagai titik tengah antara pengirim dan penerima file. Untuk bisa membuat server FTP berfungsi, kamu memerlukan alamat server. Terkadang, alamat server akan diberikan sebagai alamat numerik, seperti “12.345.678.90”. Bahkan untuk FTP server yang menggunakan keamanan tingkat tinggi, akan dibutuhkan username dan juga password. Namun beberapa server mengijinkan penggunaan secara anonim.

 

Berikut ini adalah berbagai keuntungan yang akan bisa dirasakan saat menggunakan FTP.

 

Keamanan

Inilah yang menjadi alasan terbesar kenapa banyak yang memanfaatkan server FTP dibandingkan pilihan lain. Server FTP akan memberikan protokol transfer file aman (terenkripsi), menambahkan lapisan keamanan lain ke transfer FTP tradisional. Saat kamu menggunakan server FTP, vendor akan bertanggung jawab untuk menyediakan keamanan yang diperlukan untuk menjaga keamanan data.

 

Kontrol

Manfaat lain menggunakan server FTP adalah tingkat kontrol yang diperoleh. Banyak server FTP menawarkan kontrol akses yang memungkinkan administrator menentukan siapa yang dapat mengunggah, mengunduh, mengedit, menghapus, atau berbagi file.

 

Kapasitas Data

Jika organisasi menangani data dalam jumlah besar, tentu kamu tidak ingin proses berbagi file terganggu karena file yang terlalu besar. Kamu dapat menggunakan server FTP yang memungkinkan untuk mengirim gigabyte data sekaligus.

 

Nah, itulah pengertian dan cara kerja FTP server beserta keuntungan menggunakannya. Setelah mengetahuinya, kamu juga perlu tahu kira-kira apa koneksi jaringan Internet WiFi yang cepat dan stabil yang bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Pastinya kamu bisa mempercayakannya pada Biznet Home. Dengan didukung infrastruktur perangkat Fiber Optic tercanggih, membuat jaringan Internet WiFi dari Biznet Home bisa mendukung segala aktivitas digital kamu. Jadi Pasang WiFi dari Biznet Home sekarang, dan dapatkan Internet WiFi cepat dan stabil di rumah kamu.

 

#PakeBiznet Lebih Cepat!