• Cakupan: Kota
  • Kelurahan
  • Gedung
  • Homepass
logo-biznet
Laptop Kamu Lemot? Menghapus Cache di Laptop bisa menjadi Solusinya.

Laptop Kamu Lemot? Menghapus Cache di Laptop bisa menjadi Solusinya.

POSTED ON August 16, 2021
0 people find this helpful

Setiap laptop pasti memiliki penyimpanan memori, yang salah satunya diisi oleh cache. File cache ini bila dibiarkan begitu saja akan menumpuk di dalam memori laptop. Lalu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki banyak file cache di laptop?

 

Laptop dengan tumpukan file cache pastinya akan membuat kinerjanya menjadi lemot. Oleh karena itu, kamu harus menghapus file cache yang ada di dalam laptop yang digunakan. Namun, bagaimana cara membersihkan cache di laptop? Simak informasinya di bawah ini untuk dapat menghapus file cache yang ada di laptop kamu. Tapi sebelum itu, kamu juga harus mengetahui apa sih cache itu sebenarnya.

 

Cache merupakan data sementara yang dihasilkan dari sebuah aplikasi. Dengan adanya cache, kamu tidak perlu mengunduh data-data bawaan dari sebuah aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi di dalam laptop kamu yang paling sering menghasilkan cache adalah browser. Jenis cache lainnya yang biasa menumpuk di memori laptop adalah DNS cache, system restore cache, thumbnail cache, dan banyak lagi.

 

Lalu, bagaimana cara untuk membersihkan cache yang bisa membuat laptop kamu menjadi lemot? Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

 

1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian kamu akan diarahkan pada jendela Run. Masukkan “temp” pada comment box lalu tekan Enter. Selanjutnya, kamu akan melihat banyak folder dan juga file yang merupakan cache. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh file dan folder cache kemudian delete untuk membersihkan cache laptop.

 

2. Cara yang kedua hampir sama dengan cara yang pertama. Hanya saja yang membedakan adalah isian pada comment box. Dalam langkah kedua, kamu hanya perlu mengisi comment box dengan “%temp%” lalu ikuti seluruh langkah yang sama dengan langkah pertama untuk menghapus cache laptop.

 

3. Cari folder Recycle Bin pada laptop kamu, kemudian klik kanan dan kosongkan Recycle Bin untuk melakukan disk cleanup.

 

Nah, itulah cara menghapus cache agar laptop kamu tidak lambat sehingga bisa menunjang segala aktivitas ber-Internet kamu tetap nyaman.

 

Tidak hanya laptop yang lemot, pastinya kamu juga gak mau dong Internet yang kamu gunakan juga lemot? Nah, buat dapetin koneksi Internet yang cepat dan stabil, pastinya kamu bisa langsung berlangganan Biznet Home. Dengan harga yang terjangkau dengan kapasitas bandwidth yang besar, kamu bisa mendapatkan pengalaman ber-Internet yang lebih berkualitas. Ayo #PakeBiznet sekarang untuk dukung segala aktivitas digital kamu!

 

#PakeBiznet Lebih Cepat!